Penyakit Apa Jika Keluar Nanah Dari kelamin

Gonorrhea yang juga disebut "Kencing Nanah" adalah infeksi menular seksual umum (IMS). Gonore adalah infeksi serius yang ditularkan  hubungan seks secara langsung dengan orang yang terinfeksi. Baik pria maupun wanita bisa terkena gonore. Infeksi ini mudah menyebar dan paling sering terjadi pada orang yang memiliki banyak pasangan seks.


Apa saja gejala gonore?

Pada wanita :

Kebanyakan wanita tidak memiliki gejala. Namun saat gejala muncul, biasanya ditandai dengan keluarnya cairan tidak biasa dari vagina (mungkin berwarna putih atau kuning). Tetapi ada juga gejala lain seperti :

  1. Nyeri perut bagian bawah atau pelvis
  2. Nyeri atau terbakar saat buang air kecil
  3. Perdarahan antar periode
  4. Tenggorokan infeksi dan nyeri (bila terinfeksi via oral seks)

Pada pria :

  1. Keluaran putih atau kuning dari penis
  2. Nyeri atau terbakar saat buang air kecil (sensasi terbakar bisa parah)
  3. Tenggorokan infeksi dan nyeri

f:id:natakusumah59:20171023141855j:plain

Apa penyebab gonore?

Gonore adalah infeksi bakteri. Seseorang bisa terinfeksi saat bakteri memasuki lubang di tubuh, termasuk penis, anus, vagina, atau mulut. Tempat infeksi yang paling umum pada wanita adalah serviks, pembukaan dari vagina sampai ke rahim. Pada pria, infeksi paling sering dimulai di uretra, tabung yang membawa air kencing dari kandung kemih ke luar tubuh.
Bagaimana saya bisa tahu apakah saya menderita gonore?

Jika Anda berpikir Anda menderita gonore, atau IMS apa pun, hubungi penyedia layanan kesehatan Anda. Dia akan memeriksa Anda dan melakukan tes, jika perlu, untuk menentukan apakah Anda memiliki IMS.

Sebagai bagian dari pemeriksaan gonore, wanita sering diberi pemeriksaan pelvis. Dokter akan mengambil sampel cairan dari serviks untuk pengujian; Pada pria, dokter akan mengambil sampel cairan dari penis. Anda mungkin juga diberi tenggorokan atau kultur anal untuk mengetahui apakah infeksi terjadi di tenggorokan atau anus Anda. Anda mungkin perlu menunggu beberapa hari agar hasil tes Anda kembali dari lab. Budaya juga bisa diambil dari tes urine. Penyedia Anda akan membahas cara mana cara terbaik untuk memeriksa infeksi dalam situasi khusus Anda.

Gonore dan klamidia, IMS umum lainnya, sering terjadi bersamaan, jadi Anda bisa diuji dan diobati untuk keduanya.

Silahkan Baca Juga : Penyebab Keluar Nanah dari Vagina

Bisakah gonore disembuhkan?

Gonore bisa diobati dan disembuhkan. Namun, gonore mulai menjadi resisten terhadap antibiotik dan dengan demikian menjadi lebih sulit untuk diobati. Oleh karena itu, mencegah infeksi sekarang lebih penting lagi.


Bagaimana pengobatan gonore?

Gonore diobati dengan antibiotik, obat yang diminum atau mulut. Karena Anda dan pasangan seks Anda berdua terinfeksi, Anda berdua harus diobati.

Terus minum obat Anda, biarpun gejalanya hilang. Juga, jangan pernah minum obat orang lain untuk mengobati penyakit Anda. Dengan demikian, Anda mungkin membuat infeksi lebih sulit diobati.

Anda juga harus:

  1. Beritahu siapa saja yang pernah berhubungan seks dalam tiga bulan terakhir bahwa Anda terinfeksi. Langkah ini sangat penting karena gonore tidak memiliki gejala. Wanita, terutama, mungkin tidak memiliki gejala dan mungkin tidak mencari pengujian atau perawatan kecuali diberi tahu oleh pasangan seks mereka.
  2. Tunggu sampai Anda minum semua obat sebelum berhubungan seks lagi.
  3. Selalu gunakan kondom saat berhubungan seks.
  4. eriksa HIV (AIDS) dan IMS lainnya (sifilis, herpes, chlamydia).

Silahkan Baca Juga : Penyebab Keluar Nanah Dari Kemaluan

Apa yang bisa terjadi jika gonore tidak diobati?

Pada wanita :

Gonore dapat menyebar ke organ reproduksi lainnya, termasuk uterus dan saluran telur, dan menyebabkan penyakit radang panggul (PID). PID dapat menyebabkan infertilitas dan kehamilan tuba (yang dapat menyebabkan kematian ibu dan janin). Gonore juga dapat menyebabkan masalah mata pada bayi yang lahir dari ibu yang tidak diobati, yang bisa menyebabkan kebutaan.

Gonore dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh dan menyebabkan masalah medis lainnya, termasuk sendi bengkak dan nyeri dan kerusakan pada katup jantung dan otak, dan pembengkakan di sekitar hati.

Pada pria :

Gonore yang tidak diobati dapat menyebabkan:

  1. Bekas luka di uretra
  2. Peradangan testikel
  3. Kemandulan
  4. Nyeri prostat dan pembengkakan
  5. Gonore dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh dan menyebabkan masalah medis lainnya, termasuk sendi bengkak dan nyeri dan kerusakan pada katup jantung dan otak.

Silahkan Baca Juga : Keluar Nanah dari Penis

Bagaimana saya bisa melindungi diri dari gonore?

  1. Jangan berhubungan seks dengan seseorang yang anda kenal terinfeksi.
  2. Selalu gunakan kondom saat bercinta.
  3. Berhubungan seks dengan hanya satu pasangan dan diuji.

Jika Anda Terkena Penyakit Kencing Nanah atau Gonore dan Bingung Bagaimana Cara Mengobatinya ???

Kami De Nature Indonesia Memiliki Solusinya Untuk Anda

f:id:natakusumah59:20170916173009g:plain

atau

f:id:natakusumah59:20171023142303p:plain